Selasa, 16 Desember 2014

CONTOH KASUS BISNIS AMORAL



Amoral dalam bisnis, kita sudah mengetahui bahwa amoral dalam bisnis merupakan tindakan dalam bisnis yang tidak berhubungan dengan moral.

Contoh kasus bisnis amoral :

1. penjual cabai yang mengharapkan laba atau keuntungan yang besar sehingga mereka melakukan tindakan bisnis amoral dengan cara mempermainkan timbangan. Contoh jika seorang ibu membeli cabai ke pedagang tersebut sebanyak 1 kg tetapi cabai yang di dapat oleh si ibu hanya 9 ons. Disini kesimpulannya ada tindakan bisnis amoral yang dilakukan oleh si pedagang cabai, si pedagang ingin mendapatkan laba atau keuntungan yang besar dengan cara tindakan yang tidak bermoral.

2. pemasaran adalah suatu proses pengenalan produk yang di jual kepad konsumen, namun disini ada juga tindakan amoral yang dilakukan, contoh seorang sales memperkenalkan produk perusahaannya, pada saat memperkenalkan produk tersebut, sampel yang di perkenalkan tidak sebagus dengan barang yang dibeli konsumen. Disini bisa dilihat ada tindakan kecurangan dalam berbisnis yaitu menipu konsumen dengan cara memperlihatkan sampel yang sedemikian perfect namun ketika si konsumen membeli produk tersebut, produk tersebut tidak sebagus seperti sampel yang diperkenalkan oleh sales.

Dari dua contoh kasus tersebut bisa dilihat tindakan bisnis amoral yang dilakukan untuk mendapatkan laba atau keuntungan yang besar namun melanggar etika dan moral.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar