Sabtu, 20 April 2013

Keputusan kebijakan untuk memenangkan globalisasi


Oke tema kali ini masih seputar globalisasi,banyak yg bilang ini jaman , jaman globalisasi , atau era gobalisasi . tapi apa sih globalisasi itu sendiri? Global adlah universal , lalu globalisasi itu adalah segala sesuatu yg berhubungan dengan dunia internasional . nah sudah jelas bahwa globalisasi membahas seputar dunia internasional ,atau hubungan dunia – dunia , dan masih banyak lagi .


Tapi saya tidak membahas tentang dunia , untuk kali ini saya akan berbicara tentang kebijakan apa yang harus di putuskan untuk memenangkan globalisasi. Jaman globalisasi itu adalah dimana hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi , semua informasi yang kita butuhkan tentang dunia bisa kita dapatkan dengan sekejap , dan bebasnya pertukaran informasi dari penjuru dunia , dan dunia seakan dalam gengaman . tapi globalisasi itu sendiri memiliki dampak – dampak , ada dampak baik dan buruk untuk menyikapi jaman globalisasi dan bagaimana cara memenangkan globalisai. saya ingin mengutarakan kebijakan apa yang harus di keluarkan untuk menyikapi globalisasi ini .


Yang pertama adalah membentengi diri kita dengan agama , globalisasi memang memudahkan kita untuk saling bertukar informasi sampai penjuru dunia , internet adalah jalan dimana setiap informasi baik luar atau pun dalam negri bisa kita dapatkan dengan mudah , jika di lihat dari kebaikan globalisasi yaitu pertukaran informasi dapat dengan mudah kita akses tetapi di sini memiliki keburukan untuk moral pemuda bangsa indonesia . bebasnya informasi dan segala sesuatu yang ada di internet memliki dampak yang cukup buruk jika kita tidak bisa memilah, contohnya saja dengan gampang nya para generasi muda mengakses situs – situ mengenai video asusila , lalu dengan internet pemuda indonesia dengan gampangnya terjerat pergaulan bebas seperti di negara – negara lain , narkoba , fashion yang seronok , dan masih banyak lagi , jika tidak di bentengi dengan agama yang kuat pastinya banyak generasi muda yang terjerembab masuk kedalam era globalasasi yang bebas ini . maka dari itu seharusnya membentengi diri dengan agama adalah nomor 1 yang harus di lakukan agar generasi muda tidak hancur dalam era globalisasi yang beas ini .


Yang kedua tentang pendidikan , masalah pendidikan harus menjadi kajian serius dimana masih banyak sekolah – sekolah di indonesia ini tidak memiliki sarana dan pra sarana yang cukup memadai . contohnya saja di katanya jaman globalsasi ini masih banyak sekolah – sekolah yang tidak memiliki laboratorim , perpustakaan , ruangan komputer dan lainya . dan masih banyak juga gedung sekolah – sekolah yang tidak layak di huni . nah bagaimana bisa generai muda bisa bersaing dengan dunia luar jika pendidikan dan sekolahnya masih belum memenuhi sarana tersebut


Yang ketiga tentang lapangan pekerjaan , di negara tercinta ini masalah pengangguran adalah masalah pelik . tingkat pengangguran yang terus meningkat dari tahun ketahun merupakan bukti bahwa di negara indonesia pengangguran adalah masalah serius . seharusnya lapangan pekerjaan dapat di perluas oleh pemerintah . jika pendidikan sudah di benahi tentunya lahirlah bibit – bibit pemuda yang unggul , yang siap untuk bekerja .


Jika dengan kebijakan membentengi diri dengan agama sudah , lalu pendidikan yang baik sudah , dan lapangan pekerjaan sudah di perluas . maka kita bisa bersaing dengan negara luar dan tentu bisa memenangkan jaman era globalisasi ini . walau di jaman era globalisasi ini kita bisa memilah milah mana dampak baik yang bisa kita terapkan dan mana dampak buruk yang kita jauhkan , dengan begitu dunia dalam gengaman .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar