perilaku konsumen adalah proses yg di lakukan oleh seseorang dalam mencari , membeli , mengevaluasi , dan bertindak paska konsumsi produk , jasa , maupun ide yang di harapkan bisa memenuhi kebutuhannya. sedangkan konsumen itu sendiri adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan
Ruang Lingkup
Perilaku Konsumen
Studi perilaku konsumen terpusat pada cara individu
mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumber daya mereka yang tersedia (waktu,
uang, usaha) guna membeli barang-barang yang berhubungan dengan konsumsi. Hal
ini mencakup apa yang mereka beli, mengapa mereka membeli, kapan mereka
membeli, di mana mereka membeli, seberapa sering mereka membeli, dan seberapa
sering mereka menggunakannya. Ambillah contoh produk yang sederhana seperti
mesin fax pribadi. Para peneliti konsumen ingin mengetahui konsumen mana yang
membeli mesin fax untuk digunakan di rumah.
Terdapat tiga
pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen
Pendekatan pertama
adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku
konsumsi dan hal yang mendasarinya. Pendekatan kedua adalah pendekatan
tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif,
sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan
mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan
keputusan konsumen. Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang
didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini
dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan
hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh
strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi yang dikenal dengan
sebutan moving rate analysis. Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan
tinggi dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen dan strategi marketing
dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda.
Kekuatan dari Konsumen yaitu :
1.
Kekuatan Lingkungan Demografi
adalah pertumbuhan
populasi, bauran usia, pasar etnis, kelompok pendidikan, pola rumah tangga,
pergeseran geografis dalam populasi, pergeseran dari pasar masal ke pasar
mikro.
2.
Kekuatan Lingkungan Ekonomi
adalah distribusi pendapatan dan tersedianya tabungan,
hutang atau kredit.
3.
Kekuatan Lingkungan Alam
Kurangnya bahan baku,
meningkatnya biaya energi, meningkatnya tingkat populasi, dan peran pemerintah
yang berubah.
4.
Kekuatan Lingkungan Teknologi
adalah yang cepat selalu membawa dampak pada kekuatan
"perusak kreatif" memberikan inovasi yang tanpa batas, anggaran
penelitian yang selalu berubah.
5.
Kekuatan Lingkungan Politik/Hukum
adalah konsekuensi
politik dan keinginan pemerintah yang selalu mengatas namakan perlindungan
rakyatnya.
6.
Kekuatan Lingkungan Sosial/Budaya
adalah tingkat kemapanan dari nilai budaya dasar, keberadaan
sub kultur, dan pergeseran nilai budaya dalam lingkungan masyarakat.
CIRI – CIRI KONSUMEN
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi
tersebut.
sumber :
Dra.ristiyanti prasetijo.MBA dan prof john J.O.I , ph.D (2005) perilaku konsumen (andi)
http://adimanpangaribuan.blogspot.com/2012/06/pengertian-konsumen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar