Jumat, 04 Oktober 2013

PERILAKU KONSUMEN DAN CAKUPAN PERILAKU KONSUMEN

Pengertian perilaku konsumen dan konsumen


perilaku konsumen adalah proses yg di lakukan oleh seseorang dalam mencari , membeli , mengevaluasi , dan bertindak paska konsumsi produk , jasa , maupun ide yang di harapkan bisa memenuhi kebutuhannya. sedangkan konsumen itu sendiri adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan



Ruang Lingkup Perilaku Konsumen


Studi perilaku konsumen terpusat pada cara individu mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumber daya mereka yang tersedia (waktu, uang, usaha) guna membeli barang-barang yang berhubungan dengan konsumsi. Hal ini mencakup apa yang mereka beli, mengapa mereka membeli, kapan mereka membeli, di mana mereka membeli, seberapa sering mereka membeli, dan seberapa sering mereka menggunakannya. Ambillah contoh produk yang sederhana seperti mesin fax pribadi. Para peneliti konsumen ingin mengetahui konsumen mana yang membeli mesin fax untuk digunakan di rumah.



Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen


 Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen. Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis. Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan tinggi dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen dan strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda.



Kekuatan dari Konsumen yaitu :


1.       Kekuatan Lingkungan Demografi
 adalah pertumbuhan populasi, bauran usia, pasar etnis, kelompok pendidikan, pola rumah tangga, pergeseran geografis dalam populasi, pergeseran dari pasar masal ke pasar mikro.

2.       Kekuatan Lingkungan Ekonomi
adalah distribusi pendapatan dan tersedianya tabungan, hutang atau kredit.

3.       Kekuatan Lingkungan Alam
 Kurangnya bahan baku, meningkatnya biaya energi, meningkatnya tingkat populasi, dan peran pemerintah yang berubah.

4.       Kekuatan Lingkungan Teknologi
adalah yang cepat selalu membawa dampak pada kekuatan "perusak kreatif" memberikan inovasi yang tanpa batas, anggaran penelitian yang selalu berubah.

5.       Kekuatan Lingkungan Politik/Hukum
 adalah konsekuensi politik dan keinginan pemerintah yang selalu mengatas namakan perlindungan rakyatnya.

6.       Kekuatan Lingkungan Sosial/Budaya
adalah tingkat kemapanan dari nilai budaya dasar, keberadaan sub kultur, dan pergeseran nilai budaya dalam lingkungan masyarakat.


CIRI – CIRI KONSUMEN


1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya sendiri.

2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi
tersebut.




sumber :

Dra.ristiyanti prasetijo.MBA dan prof john J.O.I , ph.D (2005) perilaku konsumen (andi)
http://adimanpangaribuan.blogspot.com/2012/06/pengertian-konsumen.html



 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar