Sabtu, 05 Oktober 2013

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI

 SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI

Pengertian segmentasi pasar 

segmentasi pasar adalah strategi pemasaran yang akan di terapkan di tiap-tiap segmen pasar tersebut dan merupakan satu keputusan manajemen yang paling penting bagi setiap jenis perusahaan .
sedangkan semen pasar adalah bagian pasar secara keseluruhaan.



Gitosudarmo (2000) manfaat segmentasi pasar ini, sebagai berikut:
1. Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
2. Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.
3. Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
4. Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.

Kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi itu sendiri, antara lain:
1. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.
2. Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
3. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
4. Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa.
Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama.


Kepuasan Konsumen
Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.

Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan.


SEGMENTASI DAN PROFITABILITAS


1. Tingkatkan Efisiensi Proses Produksi
Proses produksi yang efisien akan menghasilkan penghematan. Semakin berhemat, semakin rendah pula biaya produksi. Dengan semakin rendahnya biaya produksi, maka margin keuntungan juga samakin tinggi. Terapkan prinsip-prinsip “Total Quality Management” sistem produksi Anda untuk memangkas biaya-biaya yang tidak perlu.

2. Fokus Pada “Core Business” Terpenting Anda
Apakah Anda sudah mengetahui apa sebenarnya Core Business di mana Anda harus menfokuskan waktu, energi dan pikiran? Jika Anda melenceng pada hal-hal yang tidak penting, maka yang sedah Anda lakukan adalah pemborosan sumberdaya yang sangat berharga, yaitu waktu Anda.

3. Berdayakan Orang-orang Yang Berdedikasi Melalui Kepemimpinan
Manusia adalah sumberdaya terpenting dalam organisasi Anda. Semakin tinggi tingkat penghargaan Anda pada aspek manusia, semaking tinggi pula tingkat kemampuan untuk menciptakan keberhasilan organisasi. Dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan organisasi yang efektif, Anda akan mampu membawa organisasi Anda ke level yang lebih tinggi dan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi pula.

4. Pertajam Kecerdasan Organisasi
Apakah organisasi Anda merupakan organisasi yang cerdas? Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi pula kemampuan organisasi Anda dalam menavigasikan diri ke arah masa depan yang lebih baik. Seberapa sering Anda memberikan pelatihan-pelatihan berkualitas bagi para karyawan untuk mempertajam kemampuan mereka dalam mengelola organisasi secara lebih profesional. Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi tingkat profitabilitas perusahaan Anda.


 5. Kompensasi Yang Sesuai
Manusia ingin dihargai. Jika Anda membayar lebih rendah dibandingkan kemampuan dan usaha yang sudah mereka berikan bagi organisasi Anda, mereka akan merasa dirugikan. Jika mereka merasa dirugikan, maka sebaiknya Anda jangan berharap mereka akan memberikan yang terbaik bagi organisasi Anda. Jika kita melihat negara-negara yang sistem ekonominya telah maju, kita melihat bahwa sistem kompensasi yang diterapkan merefleksikan kinerja.


PENGGUNAAN SEGMENTASI DALAM STRATEGI PEMASARAN

 Agar segmen pasar dapat bermanfaat maka harus memenuhi beberapa karakteristik:

• Measurable : Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit diukur.

• Accessible : Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.

• Substantial : Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani

• Differentiable : Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.

• Actionable : Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani segmen-segmen yang bersangkutan.



Langkah dalam mengembangkan segmentasi yaitu:

1. Mensegmen pasar menggunakan variabel-variabel permintaan, seperti kebutuhan konsumen, manfaat yang dicari, dan situasi pemakaian.

2. Mendeskripsikan segmen pasar yang diidentifikasikan dengan menggunakan variabel-variabel yang dapat membantu perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut dan cara berkomunikasi dengan konsumen.


 Contoh analisis segmentasi pasar terhadap PT BUMI SERPONG DAMAI (BSD)

 






Company Profile

BSD telah berdiri sejak 19 tahun lalu. Pada tahun 2003, proyek raksasa ini sepenuhnya dikelola oleh
Sinarmas Developer and Real Estate

anak perusahaan Sinarmas,salah satu developer terkemuka di Indonesia. Dengan infrastuktur kelas utama dan fasilitasyang lengkap. Dikelola oleh para profesional yang berkomitmen sepenuhnya, baik terhadap para penghuni maupun pemegang saham. Di tahun 2004, BSD dianugerahi penghargaansebagai PELOPOR KOTA BARU di Indonesia.Dalam waktu yang singkat, BSD berhasil meraih sejumlah penghargaan sertaakreditasi termasuk ISO 9001, Penghargaan REI Parama Niwastana untuk kategori DesainTerbaik, Rumah Lestari dari Kementrian Negara Perumahan Rakyat dan Lingkungan Hidup.Majalah Golf Digest mengakreditasikan lapangan Golf BSD nomor 1 dari 10 lapangan golf diIndonesia.Dengan luas area lebih kurang separuh dari kota Paris, BSD merupakan sebuah perencanaan tata kota paling ambisius di Indonesia yang memiliki fasilitas lengkap berup aperumahan, serta area komersil dan bisnis. Dengan luas sekitar 6000 hektar, BSD masih menyisakan 3/4 luas lahan yang menantikan pembangunan selanjutnya. Dalam proyek maha luas ini, tersimpan sebuah kesempatan berinvetasi yang begitu menarik.Pembangunan di BSD bertumpu pada satu hal : bagi orang yang menetap, bekerjadan bersenang- senang di dalamnya. Mereka lah yang kelak akan menikmati berbagai Kenyamanan Hidup Berkualitas dalam rumah yang nyaman, ruang bisnis, tempat berbelanja,serta berbagai sarana pendidikan sekaligus berekreasi dalam satu kota, lingkungan- nya pun lebih sehat untuk dihuni.Perencanaannya didasarkan pada visi komunitas berbasis kota, sehingga Anda dapat menjumpai berbagai perumahan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, kawasan bisnis berteknologi tinggi serta dikelola secara profesional, dan tersedianya berbagai fasilitas hiburan dan rekreasi.


SEGMENTASI PASAR YANG DI LAKUKAN
 
Dari profil perusahaan di atas BSD melihat peluang untuk mengembangkan pembangunan kota mandiri di atas lahan seluas 5.950 hektar yang terletak di barat daya jakarta , BSD menciptakan hunian bagi masyarakat yang berpenghasilan tinggi , BSD juga membuat slogan " BIG CITY , BIG OPPORTUNITY " untuk lebih di kenal oleh masyarakat . BSD pun menilai dirinya sebagai kota satelit di jakarta , mengapa? karna dari segi wilayah yang sangat strategis dapat di akses dengan mudah , dan lagi di dalam kota tersebut memiliki berbagai macam fasilitas yang di sediakan , termasuk kawasan industri , perkantoran , perdagangan , pendidikan , wisata , dan perumahan.



sumber :

Siswanto sutojo (1995) manajemen pemasaran (damar mulia pustaka)



















 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar